Senin, 22 Juli 2013

Rosacea Infantum-Tak selamanya Mawar itu cantik

taken from theroseman.net


Rosacea Infantum. Mawar yang jahat. Bikin kulit kakang jadi ruam, merah sekujur badan

Setelah beberapa minggu sebelumnya kakang kena batpil lumayan lama, karena selalu toktak sakitnya sama orang rumah, akhirnya kakang sehat seperti sedia kala. Makan juga jadi banyak lagi, kerasa kalau pas ngegendongnya juga, ibu agak-agak harus pake tenaga. Tapi seminggu kemaren, ibu perhatiin kalo BAB, kok kaya batu-batu kecil yah, curiga konstipasi niy. Makanya ibu makin sering kasih kakang buah, kakang paling suka buah semangka. Kebetulan pas pulang dari rumah enin di Ciparay, ngelewatin banyak tukang semangka di daerah manggahang. Belilah semangka yang beratnya 3 kg. Pas dikupas warnanya merah, rasanya manis dan segar. Kakang sukaaaaaaa.. Tapi eh, kok masih tetep konstipasi juga yah. kakangnya sih gak rewel. Tapi tau pencernaannya lagi gak enak, ibu akhirnya beli yogurt-cari produk yummy ga ada, jadinya beli activa. Terus nenek haji juga beli pepaya. asyik. Kakang sempet gak mau makan pepaya, baru juga 1 suap udah dilepehin. Tapi ibu tetep usaha, dilain jam, pas banget sama jam buka, ibu makan pepayanya. Kayanya kakangnya jadi kabita, akhirnya mau deh makan pepaya 1 iris besar. Ibu bahagiaaaaaa...Besok paginya, pas kakang pup, udah gak kaya batu lagi, tapi ko teksturnya jadi agak-agak lembek dan benyek yah-maab kalo agak jorok yah. udah gitu, pas terakhir, pupnya berwarna kehijauan dan berlendir. Doh, curiga diare inimah. Ibu gusaaarrrrrrr...

Yawis, siangnya langsung belanja pisang, sama apel, sama roti gandum dan oatmeal. (ga nemu nyari havermut!) Kalo baby diare, maka dietnya harus BRATY- Banana Rice Apple Toast and Yogurt. Untungnya sih kakang masih mau makan, gak sampe mogok kaya sakit-sakit sebelumnya. Cuman dia ga terlalu suka pas disuapin yogurt, asem-asem gitu kali yaks. padahal dulu pas umur 7 bulanan, waah...bisa ngejar sendok tuh pas disuapin jus mangga plus yogurt!O well, manusia emang berevolusi yaks.heuhu..

Hari kamis tanggal 18 Juli, pas om sasho ulang taun. Seperti biasa, apa sibuk diworkshop, soalnya lagi nemenin teknisi dari Jakarta yang lagi ngerakit mesin yang baru dibeli. Tinggalah ibu sama kakang berdua dikamar. Seperti biasa, dari sore, kakang udah pecicilan aja sama kakak rahma & dede queena, jadi jam 8an pun kakang udah mulai KO. Tiap mau bobo, kakang harus merapat dulu ke pit-stop. 10 kenyot aja udah zzzzz. Pas ibu lagi elus-elus, ko badan kakang kerasa anget yah, ibu ukur suhu badan kakang, duh udah 38,3 aja!yah, pikiran ibu saat itu, pasti karena kakang motah seharian, mana cuaca juga lagi jelek banget. Banyak kabar anak-anak dan adult pun pada jatuh sakit.

Malam jam sebelasan, meski ga tega (soalnya pasti bakal drama banget) ibu sama apa, ngasih praxion buat kakang, mana 2 sendok pula. Sebenernya untuk umur kakang, cukup 1 sendok takar 5 ml aja, tapi karena di bagi 2, jadi masing-masing sendok isinya 2,5ml. Kalau langsung sekaligus, bisa gak masuk sama sekali. Cara ngasih obat ke kakang itu, kakang digendong, dikepit, idung dijepit, baru apa yang ngasih obatnya, succes ratenya aja dengan cara itu masih 50-50! duh, jadi inget pas kakang sakit lumayan lama, udah berbagai tipuan kita lancarkan, tapi kakang sudah bisa membaui "kelicikan" kami para orang dewasa.hahaha..

** 
Besoknya, pas siang, badan kakang anget lagi, di 38,5!Duh kok malah naik nol koma sekian yah?Pokoknya kakang banyak ibu kasih minum, asi plus susu uht. Untung doyan. Diarenya masih, tapi gak parah-parah amat. Teksturnya doang masih ijo, tpi frekuensinya pun emang jauhan. Tiap wakti, ibu tetep kasih kakang cemilan apel, pisang sama roti. Soalnya apel dan pisang mengandung pektin, dan kalsium di pisang tetep bikin kakang punya energi. yang bikin tenang adalah kakang sama sekali tidak menunjukkan gejala-gejala lemas, lesu. Jadi ibu pikir masih aman.hari sabtu pagi, badan udah gak anget, main tetep semanget. Magribnya malah ke kurdi, soalnya lagi ada acara bukber bareng keluarga enin. Disanapun masih tetep lincah dan ceria.Amannnn..

Minggu pagi, bertiga sama nenek haji, iseng jalan ke gasibu. Niatnya sih mau liat baju-baju anak, tapi eh, apa lupa ga bawa uang.hahaha..mau nyari atm susah. jadinya sih nganter nenek belanja bandeng presto aja inimah. Pulang ke rumah, liat badan kakang ko muncul bercak-bercak merah. Tpagi pas diwaslap, ibu sempet merhatiin sih, dimuka dan tangan kakang ada bercak merah, tapi gak banyak. Pas bilang ke apa, apa tanya, ibu makan apa kemaren?Dipikir lagi, ibu makan udang lumayan banyak sih pas buka kemaren. Duh apa gara-gara itu gitu yah?

Siangnya, ibu BBMan sama wawa cantik, bu doktel Iin. konsul-konsul dikit. Ibu foto kakang dengan bercaknya, kasih tau symptomsnya. Kata wawa Iin, kemungkinan kakang kena virus, tapi masih belum terlalu spesifik. Soalnya dokter juga gak bisa kasih diagnosis tegak kalo gak liat pasiennya juga yaks. terusnya ibu langsung browsing-browsing gitu, terus nemu link ini yang negbahas tentang rosacea atau roseola infantum. Ibu baca-baca, semua gejalanya sama persis dengan yang apa kakang alami. langsung aja ibu kirim linknya ke wa Iin. dan beliaupun mengamini itu.Biar lebih jelas ibu kutipin sedikit yah:

Gejalanya antara lain timbul bercak-bercak kemerahan di kulit seperti bunga mawar (sehingga disebut roseola). Infeksi ini kebanyakan diderita bayi umur 6 bulan sampai 2 tahun (infant). Namun, angka kejadian paling tinggi ditemukan pada bayi umur 6-12 bulan. Penyakit ini dikenal juga dengan nama exanthem subitum. Virus herpes tipe 6 (HHV-6) dan 7 (HHV-7) adalah biang keladi penyakit ini. Lebih dari 75% roseola infantum di Indonesia disebabkan virus herpes tipe 6 (HHV-6). Penularan penyakit ini biasanya akibat terkena percikan ludah penderita. bayi yang tertular akan menunjukkan gejala-gejala berikut: Demam antara 39–40°C selama 3 hari. Bila ada riwayat kejang dalam keluarga, demam dapat disertai kejang. Bayi seringkali terlihat lemah tidak bertenaga, rewel, dan cepat mengantuk.Ruam kemerahan muncul set elah demam turun. Ruam bisa muncul di seluruh tubuh, atau hanya pada bagian tertentu seperti sekitar wajah, leher dan dada. Bila bercak tersebut ditekan, akan terlihat bekas seperti halo (berbentuk bulat berwarna putih seperti awan). Ruam ini tidak berubah menjadi bernanah atau timbul cairan, dan tidak gatal. Mata bayi biasanya berair dan terlihat kemerahan, bibir pecah-pecah. Umumnya, bercak akan berubah warna menjadi hitam kecokelatan, hilang dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Lainnya: diare, batuk, pilek dan radang tenggorokan. Komplikasi. Selain kejang, komplikasi lain yang mungkin timbul –meski sangat jarang terjadi– adalah pembengkakan kelenjar limfa di leher dan radang selaput otak (meningitis). Selain itu, dapat pula terjadi komplikasi yang berat seperti radang paru (pneumonia), yang dapat berakibat fatal. Bedanya dengan campak. Ruam pada roseola infant timbul setelah demam anak turun, sementara pada campak muncul pada saat demam sedang tinggi.
Ditengah kegalauan karena kakang sakit, setidaknya ada sedikit penyejuk saat membaca literatur yang ada, kalo si RI ini mildly dangerous, dan merupakan self-limited disease, artinya bisa sembuh sendiri tanpa perlu digempur dengan antibiotik. Masa inkubasinya bervariasi antara 5-14 harian. Tapi mudah-mudahan yang kakang ngambil jalur ekspress yah-lho, bisa nawar? Tadi subuh, sempet ngobrol lagi sama apa, ibu lagi berusaha ngetrack, kira-kira kakang dimana terpapar virusnya yah? Hari sabtu minggu kemarin, pergi ke Mutiara kitchen yang di BTM, nyambung ke TSM diakhiri bukber dirumah irfan Amalee. Hari minggu nganter enin ke bengkel AA Mande, seninnya nganter enin ke BIP cari kado, itu juga gak lama, begitu dapet kadonya langsung pulang. Yah, kemungkinan diantara rentetan kepergian itu kakang terpapar virus HHV-6, pas banget disaat daya imunnya lagi letoy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar